Tips Bagi Pemula untuk Investasi Emas

12311221_400287813429066_8566205460590649431_n

Investasi emas merupakan cara yang sering diterapkan oleh sebagian banyak orang, karena investasi ini merupakan investasi yang sangat menguntungkan bila dilakukan dengan tepat dan benar. Ada beberapa tips atau cara yang baik dilakukan untuk para pemula yang ingin berinvestasi dengan emas. Berikut beberapa caranya adalah:

Investasi klasik

Cara pertama untuk berinvestasi dengan emas yang baik untuk dilakukan oleh pemula adalah dengan menerapkan sistem berinvestasi klasik. Sistem ini telah diterapkan oleh kebanyakan orang di zaman dahulu. Cara berinvestasi nya seperti dengan membeli emas di saat harga emas relatif murah dan menjualnya kembali di saat harga emas relatif mahal atau tinggi. Investasi ini bisa menjadi jangka panjang dan cukup efektif jika dilakukan dengan tepat.

Membuat Tabungan Emas

Usahakan emas tersebut dibuat tabungan atau asuransi pada perusahaan tersebut. menabung emas merupakan cara terbaik, karena jika emas tersebut telah terkumpul banyak maka Anda bisa menggunakannya untuk membeli banyak kebutuhan. Cara ini biasanya dilakukan dengan menerapkan sistem menabung pada diri sendiri misal dalam sebulan sekali Anda harus menabung emas sebanyak satu gram.

Investasi Sebagai Modal Usaha

Cara lain untuk berinvestasi dalam bentuk emas adalah dengan menggadaikan emas tersebut, lalu jumlah dana yang didapat dari menggadai emas digunakan untuk membuat usaha. Jika usaha tersebut berjalan lancar maka Anda bisa menambahkan atau membeli emas kembali sebagai investasi. Namun, jika usaha tersebut tidak maju maka emas yang telah digadaikan akan hilang atau berkurang. Untuk itu perhatikan dan pahami lah sebelum menggadaikannya.

Sebelum melakukan investasi emas sebaiknya perlu diperhatikan beberapa hal dalam membeli emas yang digunakan untuk berinvestasi. Hal-hal tersebut ialah;

Membeli Emas Tanpa Fisik — Saat ini banyak para pelaku usaha jual emas dengan cara online. Jika Anda adalah seorang pemula yang ingin berinvestasi maka janganlah membeli emas tanpa mengetahui bentuk fisiknya, seperti melalui sistem online. Janganlah berinvestasi dengan emas tanpa mengetahui bentuk fisiknya walaupun keuntungannya sangat besar. Jika hal tersebut terjadi maka akan beresiko bagi Anda

Membeli Emas Dalam Bentuk Perhiasan — Untuk berinvestasi dalam bentuk emas sebaiknya jangan menggunakan emas dalam bentuk perhiasan. Karena nilai jual emas tersebut akan lebih sulit bahkan akan lebih kecil dari nilai beli karena sebuah toko akan sulit mendaur ulang emas tersebut.

Membeli dan Menjual Emas di Waktu Yang Tidak Tepat — Pastikan membeli emas ketika harga sedang turun atau murah dan menjualnya ketika harga sedang mahal. Jika hal tersebut diterapkan maka Anda akan berinvestasi di waktu yang tepat.

Membeli Emas Secara Hutang — Janganlah sekali-kali berinvestasi dengan emas secara hutang, karena nilai jual yang akan diterima tidak sebanding dengan nilai atau jumlah cicilan yang selama ini dibayar. Biasanya seseorang akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli emas secara hutang dibanding dengan membeli emas secara tunai.

Membeli Emas Dalam Ukuran Besar — Membeli emas dengan ukuran besar sebenarnya sangatlah baik, karena harga yang akan diberikan pasti lebih murah dibanding dengan harga emas dalam jumlah sedikit. Namun perlu diketahui bahwa menjual emas dalam ukuran besar lebih sulit dari pada menjual emas dalam ukuran kecil.

Cara investasi emas tersebut di atas sangat bagus jika diterapkan bagi para pemula yang ingin melakukan investasi dengan menggunakan emas. Lakukanlah dengan baik dan benar serta konsisten dalam menjalankan investasi tersebut agar dapat mendatangkan keuntungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s