Inilah Cara Menghitung Harga Emas 22 Karat

1de9e63b-a42a-4a4a-999e-3851024becf4_169

Emas menjadi salah satu benda berharga yang kerap digunakan sebagai perhiasan bagi para wanita. Selain itu, emas juga merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak dilakukan oleh orang banyak. Hal ini lantaran emas memiliki nilai harga yang cukup stabil, bahkan terus naik di pasaran. Dalam penghitungan emas, biasanya ada kadar kemurniannya yang dipatok dengan satuan karat. Untuk emas dengan karat terbaik adalah 24 karat dengan harga tertinggi, namun bagaimana dengan penghitungan harga emas 22 karat?

Secara umum, banyak yang menyebut istilah emas muda dan emas tua di kalangan masyarakat. Emas sendiri merupakan logam yang lunak sekali sehingga ketika akan dibentuk menjadi sebuah perhiasan, maka harus dicampurkan dengan logam jenis lain yang mampu membuatnya lebih kuat. Emas muda merupakan istilah untuk emas yang memiliki kadar emas di bawah 42%, sedangkan untuk emas tua adalah jenis perhiasan yang memiliki kadar emas di atas 42%. Namun sumber lainnya juga menyatakan jika emas muda adalah emas dengan kadar di bawah 70% sedangkan untuk emas tua adalah yang lebih dari 70%.

Nantinya, perbedaan dari emas tua dan muda ini akan berpengaruh di harga pastinya. Selain itu, ada juga istilah karat yang kerap dipakai dimana mengindikasikan seberapa besar kandungan emas murni di perhiasan tersebut. Scroll kebawah untuk mengetahui panduan karat emas yang ada di perhiasan.

 

karat

Itulah panduan terkait karat dan kadar emas murni di dalamnya. Dengan adanya panduan tersebut, diharapkan Anda bisa mengira-ngira nilai emas yang Anda miliki saat ini. Sekarang pasti Anda bertanya tentang cara penghitungan harga emas bukan?

Berikut ini contohnya:

  • Percampuran emas dengan bahan lain bisa dihitung dengan rumus: karat emas/24 x berat emas

Contohnya: Koin emas dengan 22 karat dengan berat 4,25 gram.

Maka, 22/24 x 4,25 = 3,9 gram; sehingga emas murni tersebut adalah 3,9 gram dan sisanya yaitu 0,35 gram adalah bahan campuran lain yang ditambahkan ke emas tersebut.

  • Menghitung harga emas dengan rumus: karat emas/24 x harga emasnya

Contohnya: Berapa harga emas 22 karat dengan harga per gram untuk emas 24 karat adalah Rp 600.000?

Maka, 22/24 x Rp 600.000 = Rp 550.000

Jadi kita boleh katakan anggaran harga emas dengan kadar 22 karat adalah Rp 550.000 (tidak termasuk biaya upah).

Itulah contoh penghitungan kadar dan harga emas 22 karat. Anda bisa menghitung kadar dan harga lainnya dengan menggunakan rumus tersebut. Namun untuk perhiasan, ada baiknya jika Anda memilih emas dengan minimal 18 karat karena kualitasnya sudah paling minimal. Emas dengan kadar karat di bawah itu kurang berkualitas. Namun untuk keperluan investasi, ada baiknya untuk membeli emas yang murni dan resmi sehingga nantinya menguntungkan ketika dijual kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s