Investasi Emas Dengan Memanfaatkan Media Sosial dan Melihat Faktor Kenaikan Harganya

Adanya media sosial membawa pengaruh yang patut diperhitungkan di semua aspek, seperti komunikasi, pemberitaan, sampai dengan transaksi jual beli. Media sosial bukan hanya memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk bertukar informasi secara tepat dalam bentuk teks, melainkan berbagi gambar dan video.

Bahkan, saat ini kita juga bisa mendapatkan informasi secara real time dari media sosial. Kelebihan inilah yang sekarang banyak dimanfaatkan, salah satunya oleh para investor emas untuk memperlancar usahanya. Dalam kaitannya dengan transaksi emas, media sosial memiliki beberapa kelebihan yang akan diulas lebih jauh dalam uraian berikut ini.

Capture

Dari Media Sosial, Bisa Didapat Informasi secara Real Time dan Aktual

Selain bisa mendapatkan informasi dari akun media sosial resmi perusahaan yang melayani jual beli emas, kita juga bisa mendapatkan komentar-komentar dari para pengguna lain tentang emas tersebut. Kita bisa mendapatkan informasi real time 24 jam ataupun informasi yang paling populer. Keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah bisa semakin jeli dalam memprediksi keadaan pasar emas saat ini dan yang akan datang.

Selain dapat mengetahui informasi seputar harga emas, Anda juga bisa mengetahui sentimen-sentimen yang memengaruhi pergerakan harga emas, seperti bencana alam atau perubahan regulasi.

Dengan kemudahan yang diberikan media sosial saat ini, para investor tidak perlu lagi untuk menunggu berita tersebut dari media cetak. Sebab rilis media cetak yang pasti akan memakan waktu lebih lama dan kurang praktis karena sulit untuk dibawa. Selain itu, kebanyakan perusahaan yang bergerak di bidang investasi emas sekarang telah memiliki akun media sosial. Bahkan, ada yang memiliki lebih dari satu akun media sosial.

Hati-Hati, Berita Palsu Soal Investasi Emas Juga Beredar di Media Sosial 

Memang banyak kemudahan akses informasi yang bisa didapatkan dengan adanya media sosial. Akan tetapi, setiap hal selalu ada pro dan kontranya. Misalnya, apabila tidak teliti, bisa saja kita membaca informasi yang berasal dari orang yang bukan ahli dalam hal investasi emas, melainkan hanya orang yang iseng dan ikut-ikutan saja.

Jadi, akan lebih baik jika kita membaca informasi yang bersumber lebih dari satu orang dan memastikan itu akun asli dan dapat dipercaya. Selain itu, biasanya akun-akun perusahaan penting dan besar sudah terverifikasi. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa melihat ada tanda checklist di samping nama akun sebagai penanda verifikasi akun tersebut.

Rajin Pantau Berita yang Terkait dengan Investasi Emas

Peristiwa atau kejadian yang bisa mempengaruhi harga indeks saham sebaiknya menjadi perhatian investor. Sebab berita-berita besar semacam itu yang dimungkinkan bisa berpengaruh pada kondisi pasar secara global. Perlu diingat bahwa indeks saham global seperti Dow Jones bisa berpengaruh ke hampir semua instrumen investasi, termasuk harga emas. Selain itu, ada beberapa topik lain yang patut diperhatikan, seperti:

Selain itu, ada beberapa topik lain yang patut diperhatikan, seperti;

  1. Mengamati perubahan tingkat suku bunga Amerika Serikat oleh The FED
  2. Kondisi perekonomian global dan Amerika Serikat
  3. Kebijakan politik, baik dalam dan luar negeri
  4. Bencana atau kecelakaan yang dimungkinkan bisa berpengaruh pada jumlah produksi emas secara global
  5. Jumlah permintaan dan penjualan emas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s