Emas Batangan Palsu, Hati-Hati Tertipu

Emas batangan saat ini menjadi sebuah komoditas paling dicari dalam dunia investasi. Hal ini menjadi celah baru untuk tindakan penipuan. Penipuan klasik dengan membuat emas batangan palsu dengan campuran logam sudah tak lagi relevan karena mudah terlihat. Kini emas batang palsu dibuat dengan cara yang lebih modern dan lebih baik. Sehingga tak lagi mudah untuk diungkap.

11916100_379732672151247_763306586748718578_n-e1505231847836.jpg

Teknik penipuan baru dari emas batangan palsu ini menyerupai pembuatan kue dadar isi. Dengan cara ini konsumen akan lebih sulit mengungkap emas batangan palsu ini. Gambaran sederhana dari teknik ini berupa sebuah besi kotak denga potongan dan ukuran sesuai standar ukuran emas, kemudian beberapa lapis plat emas melapisi besi kotak ini hingga memiliki ketebalan yang sempurna.

Menggunakan Logam Berat

Pada umumnya besi yang mereka gunakan adalah sejenis logam berat bernama Tungsten atau Wolfram. Logam ini cukup murah, dengan massa yang mirip dengan emas asli. Biasanya Tungsten menjadi bahan dalam pembuatan lampu, superaloy dan beberapa benda elektronik lain.

Emas batangan palsu tipe ini memang kerap kali lolos tes kemurnian emas. Perlu anda ketahui bahwa dalam tes kemurnian emas, umumnya hanya mengambil sampel serpihan emas terluar dari emas batangan. Pada emas batangan palsu tipe ini, lapisan terluar memang murni emas, dan memiliki ketebalan yang cukup untuk sebuah test kemurnian emas. Tentu mengecek emas dengan membelahnya bukan pilihan populer.

Menggunakan Teknik Penumpukan Emas

Sebenarnya cara ini terinspirasi pada teknik pembuatan emas perhiasan yang kerap menggunakan teknik penumpukan emas dengan unsur lain sebagai penguat sisi estetika. Anda bisa lihat pada contoh sebuah cincin yang berukir tulisan. Cincin seperti ini biasanya merupakan cincin jenis berlapis dengan prinsip yang sama dengan teknik emas batangan palsu. Tungsten pada lapisan dalam akan menjadi dasar dalam membuat ukiran tulisan pada cincin sehingga mucul efek timbul.

Bagi anda pelaku investasi emas batangan ukuran besar, memang harus lebih waspada pada modus ini, karena biasanya para pelaku lebih fokus pada emas batangan besar seperti ukuran 1 kg, karena pertimbangan harga jual yang lebih mahal.

Semoga dengan artikel ini, anda yang tertarik untuk menjalankan investasi emas batangan bisa lebih waspada dan melakukan cek yang maksimal atas emas batangan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s